Ternyata, jalan dari plastik sudah ada sejak jaman dulu di Indonesia.

     Tahun 2017 memang penuh kejutan, salah satunya yakni inovasi jalan dari limbah plastik. Inovasi ini pertama kali di terapkan sekitar tahun 2002 di India. Penggunaan limbah kemasan plastik untuk peletakan jalan diperkenalkan di India oleh Prof.V.Vasudevan dari Thiyagaraja Engineering College, Tamil Nadu. Menurut penemu, proses pencampuran bitumen mengurangi biaya dan secara signifikan memperpanjang umur jalan. Prosesnya menggunakan cacahan plastik berharga bermutu rendah yang juga bisa mencakup plastik berlapis. Ternyata, aspal dengan campuran plastik ini lebih lengket, secara teknis stabilitasnya pun lebih baik sebesar 40%.

     Sampah dengan campuran plastik ini pun sudah mulai diuji coba di Indonesia pada tahub 2017. Setelah diuji coba di lingkungan Universitas Udayana Bali sepanjang 700 meter, aspal plastik ini pun mulai digunakan untuk mengaspal jalan nasional di Bekasi bahkan tol Tangerang – Merak.

     Tapi, tahukah kamu..ternyata jalan plastik ini sudah lama diterapkan di Indonesia lhoo, bahkan jauh sebelum ditemukan oleh ilmuan India. Implementasi jalan dari sampah plastik ini bahkan sudah diterapkan hingga pelosok desa. Jalan dari sampah plastik ini acapkali ditemui di daerah pinggir pemukiman, seperti jalan antar desa atau pasar tradisional. Mungkin kamu pernah ngelihat jalan dari sampah kan?

     Nggak tahu deh antara sedih atau miris lihat kondisi persampahan di negeri kita ini. Seperti digambar, ‘jalan dari sampah plastik’ itu terbentang di tepi aliran sungai, berpotensi bikin sungai tercemar. Tentunya bakal berpengaruh juga terhadap kesehatan masyarakat.

     Buat kamu yang punya sampah dan nggak pengen bikin ‘inovasi’ yang satu ini, yuk daur ulang sampahmu. Kamu bisa mendaur ulang sampahmu lewat sampahmuda. Pilih aja tanggal pengangkutanmu, trus kumpulin reward berupa Trashpoint dari tiap sampahmu dan kamu bisa pake untuk belanja apa aja di sampahmuda.

 

 

 

photo by Refida Nugraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *