Sampah organik jadi listrik. Kok bisa sih ?

Kali ini AIESEC punya acara loh namanya REFORM PROJECT 4 acaranya tuh membahas tentang maslah lingkungan-lingkungan gitu, nah AIESEC itu mengundang Sampahmuda untuk jadi learning partner dalam acara REFORM PROJECT 4. Acara tersebut membahas tentang bagaimana kota semarang mengelola waste management. Dalam acara itu pihak AIESEC mengundang 2 mahasiswa asing yang datang untuk mengunjungi TPA Jatibarang. Acara tersebut kita laksanakan pada jam 08.00 untuk briefing dan perkenalan tentang TPA Jatibarang dengan Sampahmuda sebagai learning partner acara REFORM tersebut.

Acara pertama kunjungan ke PT Nerpati, “PT Nerpati yaitu Perusahaan yang mengolah sampah-sampah menjadi pupuk organik, tetapi sekarang sudah berhenti dikarenakan pemiliknya sudah meninggal” Selasa (15/1), kata Djoko. Disana kita mempelajari tentang pengolahan sampah dari awal sampah itu dibuang hingga dibuat menjadi pupuk organik. Peserta REFORM Project sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut.

Volume sampah yang didatangkan oleh truk per hari lebih dari 1000 ton, ujar Joko sebagai pemandu di TPA Jatibarang. Sampah-sampah tersebut akan diangkut dan dibiarkan selama 2 tahun hingga menghasilkan gas metana yang akan digunakan di mesin pembangkit listrik.Pemilihan mesin dari Spanyol karena menyesuaikan kapasitas gas metana yang ada. Sebab lanjut dia, kapasitas gas metana yang ada di TPA Jatibarang sekitar 1,2 Megawatt.

“Nantinya, mesin pembangkit yang didatangkan dari Spanyol berkapasitas 0,8 Megawatt. Rencana awal, mesin tersebut nantinya langsung dipasang di pembangkit listrik,” ujar joko.

PLTSa tersebut merupakan bantuan dari Denmark dengan nilai 45 Milyar yang di gunakan untuk membangun mesin pengolahan gas metana menjadi energi listrik. Waaw banyak banget yaa, jadi ceritanya tuh dana tersebut digunakan untuk membeli mesin pengolah sampah tersebut.

Prosesnya yaitu dengan cara menimbun sampah selama 2 tahun kurang lebih , lalu sampah tersebut akan menghasilkan gas metana. Gas metana tersebut dialirkan ke 10 sumur yang mengalirkan gas metana untuk dibawa ke mesin, cara mengalirkan gas tersebut dengan vakum untuk menarik gas tersebut dan membawanya ke mesin yang akan mengubah gas tersebut menjadi energi listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *