Bukan Nimbus 2000, mungkin ini sapu terbang yang akan diterima Harry Potter.

Di film Harry Potter Sorcerer’s Stone, Harry dipilih menjadi seeker untuk tim Quidditch Gryffindor oleh Profesor McGonagall, Kepala Asrama Gryffindor,  setelah secara tak sengaja ia melihat kemampuan terbang Harry menyelamatkan remembrall milik Neville Longbottom dalam pelajaran terbang pertama bersama Madam Hooch. Harry  menjadi seeker termuda abad itu dan menerima hadiah dari Profesor Minerva McGonagall berupa sapu Nimbus 2000. Sapu terbang yang sudah diidam-idamkan oleh Harry Potter. Tapi, apa yang terjadi ya kalau ternyata Profesor McGonagall itu naturalist dan corncern to green life style. Mungkin, Harry Potter akan menerima sapu daur ulang dari botol plastik. Ya, sampah botol plastik ternyata bisa digunakan untuk membuat sapu lhoo

 

Mungkin kamu sering beli air minum dalam kemasan, entah air mineral ataupun minuman berasa berwarna. Mulai deh sampah botolnya menumpuk dan bikin penuh rumahmu. Eits jangan dibuang, kita bikin aja jadi sapu. Caranya cukup mudah dengan bahan-bahan serta peralatan yang mudah diperoleh juga. Yang perlu dipersiapkan adalah tiga botol air mineral, gunting, cutter dan juga tongkat gagang sapu. Berikut ini cara sederhana membuatnya.

 

Pertama, siapkan dulu minimal tiga botol bekas, kamu bisa pakai botol air mineral ataupun botol minuman soda. Lebih baik lagi kalau kamu pakai botol ukuran besar yang 1500ml.

 

 

Potong bagian dasar botol, kira-kira 3 cm dari dasar botol. Supaya bisa memotong dengan rata, kamu bisa gambar garis dulu dengan cara meletakkan botolnya dipermukaan rata, menempelkan spidol, lalu putar botolnya. Nah, tinggal potong botol sesuai garis pola.

 

Kemudian gunting botol secara vertikal dari bagian bawah botol hingga leher botol menjadi seperti helai-helai. Kamu bisa menyesuaikan ukuran lebar potongan vertikal, semakin kecil akan semakin rapat helai sapunya nanti. Lakukan hal yang sama ke botol yang lainnya.

 

 

Potong bagian leher leher lalu susun seperti gambar diatas. Jadi botol kedua dapat diselipkan ke botol pertama dan pertama menahan botol kedua.

Potong bagian atas botol terakhir, sekitar 10 cm dari leher botol. Lalu masukkan ke bagian atas tumpukkan botol yang sudah disusun.

Rekatkan tumpukkan botol menggunakan paku atau kamu juga bisa menggunakan metode lainnya asalkan tumpukkan botol bisa melekat satu sama lain. Lalu tekuk paku menggunakan tank untuk mengunci.

Masukkan kayu yang akan kamu gunakan sebagai gagang sapu. Cari kayu yang ukurannya sesuai dengan lubang botol ya, supaya mudah masuk. Kamu bisa juga menggunakan gagang dari pipa alumunium. Terakhir perkuat botol ke gagang sapu, kamu bisa gunakan paku atau sekrup bila menggunakan gagang dari pipa alumunium.

           Nah, jadi deh sapu daur ulangmu. Sampah botolmu pun jadi lebih bermanfaat, bisa dipakai untuk bersih-bersih kamar. Kamu bisa mengkombinasikan botol beraneka warna supaya sapumu makin keren. Kepikiran untuk buat sapu dari botol bekas? Kalau sapumu sudah jadi, share yuk. Posting di Instagram atau line, pakai hastag #YukMulaiRecycle dan #pakeSampahMuda lalu tag @sampahmuda supaya semakin banyak orang yang terinpirasi.

 

 

Disarikan dari Tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *